Mudah Lelah? Awas Penyakit Gagal Jantung Sering Muncul Tanpa Gejala.

Penyakit Gagal jantung – Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Banyak kasus orang meninggal karena penyakit gagal jantung. Tak ada satu pun orang yang ingin terkena penyakit jantung, terutama gagal jantung. Dari beragam penyakit jantung, gagal jantung adalah stadium akhir dari berbagai penyakit tersebut. Pada tahap ini, kesehatan jantung sudah pada kondisi yang sangat serius dikarenakan tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh kita.

Penyakit Gagal jantung pada dasarnya terbagi menjadi dua tipe. Yaitu kronis dan akut. Munculnya gagal jantung kronis secara bertahap dan semakin memburuk, serta gejalanya akan muncul secara perlahan-lahan.

Sedangkan penyakit gagal jantung akut terjadi secara tiba-tiba. Kejadian inilah yang sering kita kenal sebagai serangan jantung. Gagal jantung akut bisa diakibatkan karena tubuh kurang mampu mengimbangi gagal jantung kronis.

Gejala Penyakit Gagal Jantung

Gejala yang muncul akibat gagal jantung diantaranya adalah mudah lelah dan pusing, sering kehabisan nafas saat melakukan aktifitas yang menggunakan tangan, serta berdebar-debar dengan kencang.

Hasil riset dari American College Cardiology (ACC) dan American Heart Association (AHA) menunjukkan bahwa gagal jantung terbagi menjadi 4 stadium, yaitu:

1. Gagal Jantung Stadium A

Pada stadium ini, belum ada gejala ataupun kelainan secara struktural pada jantung kita. Orang yang menderita hipertensi (darah tinggi), Diabetes Meletus (kencing manis), kegemukan, sindroma metabolik atau yang mempunyai riwayat keluarga yang mempunyai penyakit ini beresiko tinggi terkena gagal jantung. Karenanya, sangat penting bagi orang-orang tersebut untuk mendeteksi lebih dini sebelum muncul gejala gagal jantung.

2. Gagal Jantung Stadium B

Pada stadium ini, orang yang menderita gagal jantung sudah memiliki kelainan struktural pada jantungnya, namun belum menunjukkan gejalanya. Mereka yang pernah mengalami serangan jantung dan kelainan katup akan beresiko terkena gagal jantung stadium ini.

3. Gagal Jantung Stadium C

Pada stadium C ini, pasien gagal jantung sudah menunjukkan gejala-gejala seperti sesak nafas, mudah letih dan aktifitas terganggu. Struktur jantung juga sudah memiliki beberapa kelaian. Kebanyakan pasien penyakit jantung datang ke dokter pada stadium ini, karena gejalanya sudah dirasakan oleh pasien. Hal inilah yang membuat perawatan yang dilakukan harus memulai dari awal dan mempunyai resiko kematian yang cukup tinggi.

4. Gagal Jantung Stadium D

Pada stadium ini gagal jantung sudah menetap (refrakter). Pasien gagal jantung pada staium ini membutuhkan perawaan dan intervensi khusus. Pasien akan tetap merasa sesak napas walaupun sudah diobati secara maksimal. Pada stadium ini pasien sudah tidak bisa dirawat jalan. Harus dirawat di Rumah Sakit dengan penanganan dan perawatan yang intensif.

Demikianlah ulasan tentang penyakit gagal jantung yang sering merenggut nyawa penderitanya. Mudah-mudah kita dihindarkan dari penyakit ini. Aamiin… (ags)

Pin It on Pinterest

Share This