15 Kebiasaan Baik Dalam Mengatur Keuangan Pribadi

Mengatur keuangan pribadi – Apakah selama ini gaji anda sebulan hanya numpang lewat? Separuh bahkan lebih habis terkuras hanya buat bayar utang?

Jika dua fenomena tersebut sering terjadi dan berulang pada siklus bulanan anda, itu artinya ada yang salah dengan cara mengatur keuangan pribadi anda. Tahukah anda bahwa salah satu hal yang membuat keuangan anda amburadul adalah kebiasaan anda sendiri?

Mengatur keuangan pribadi dengan benar

Kita tidak terbiasa berdisiplin dalam mengatur keuangan pribadi dan tidak dapat membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Namun tenang, tidak ada kata terlambat. Jika ingin memperbaiki kondisi keuangan anda menjadi lebih baik, sekaranglah saatnya!

Banyak orang bingung bagaimana cara mengatur keuangan pribadi. Lalu seperti apa cara membagi uang bulanan yang baik? adakah tips mengelola keuangan pribadi yang efektif? Berikut kami bagikan beberapa tips agar keuangan anda lebih baik.

Beberapa kebiasaan mengatur keuangan pribadi di bawah ini wajib Anda terapkan agar gaji anda tidak hanya numpang lewat saja. Yuk simak!

1. Lacak pendapatan dan pengeluaran

Sering kali kita tidak peduli dengan pengeluaran pribadi kita. Kemana saja perginya gaji kita sebulan ini? Melacak pendapatan atau pemasukan dan pengeluaran dapat dilakukan dengan membuat pembukuan yang sederhana. Jika anda tidak mau repot, anda bisa memanfaatkan aplikasi keuangan di smartphone anda. Banyak sekali aplikasi pengatur keuangan yang tersebar di playstore, baik smartphone dengan Android maupun iphone. Anda tinggal mendownload dan menginstall aplikasi tersebut dan mengatur keuangan dengan cara melacak pendapatan dan pengeluaran bulanan.

lacak pendapatan dan pengeluaran

 

2. Memberi sumbangan / angpau

Undangan pernikahan teman, kerabat dan kolega bisa saja datang bertubi-tubi dalam waktu sebulan. Memberikan sumbangan berupa uang pada pernikahan memang sah-sah saja dilakukan. Namun harus diingat bahwa jangan sampai keuangan jebol gara-gara anda keseringan memberikan sumbangan.

memberi sumbangan atau angpao

 

3. Cek tagihan anda

Kebiasaan mengecek tagihan itu penting sekali. Dari mulai yang kecil seperti mengecek struk belanja, hingga yang paling vital yaitu mengecek tagihan kartu kredit setiap bulannya. Hal ini sangat penting supaya kita tidak menemukan biaya siluman di situ.

cek tagihan anda

 

4. Memanfaatkan Internet

Di jaman serba digital seperti sekarang ini, sudah tidak jamannya lagi antre di bank hanya untuk transfer. Manfaatkan e-banking atau SMS banking untuk transaksi.

manfaatkan internet

 

5. Menabung, menabung dan menabung

Kebiasaan menabung memang perlu untuk dipupuk dan dilakukan sejak dini. Dengan menabung, anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan bulanan anda. Hal ini penting untuk dana cadangan anda di masa depan. Namun tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik, yaitu menabung.

menabung

 

6. Memanfaatkan kartu kredit

Kami memang tidak menyarankan anda untuk mempunyai kartu kredit. Namun bagi anda yang sudah terlanjur mempunyai kartu kredit, anda dapat memanfaatkan kartu sakti tersebut. Namun tetap diingat, gunakan kartu kredit dengan bijak.

Belanja bulanan dan pembelian tiket memang lebih mudah dengan menggunakan kartu kredit. Bahkan tidak jarang kartu kredit menawarkan promo, point rewards, dan bahkan cashback.

manfaatkan kartu kredit

 

7. Buat pos pengeluaran

Begitu anda menerima gaji bulanan, segera buat pos-pos pengeluaran. Hitung dengan teliti berapa yang dibutuhkan untuk masing-masing pos. Patuhi daftar pengeluaran yang telah direncanakan agar tidak kelimpungan menjelang akhir bulan nanti.

buat pos pengeluaran

 

8. Hindari biaya yang tidak perlu

Biaya-biaya yang sebenarnya tidak perlu sering kali muncul dalam kehidupan sehari-hari. Misal telat bayar tagihan yang berujung denda, memakai jasa calo untuk membeli sesuatu, melanggar lalu lintas yang akhirnya kena tilang, dll. Biaya-biaya tersebut sering muncul karena kita menyepelekan sesuatu. Mungkin jumlahnya tidak begitu besar, namun apabila terlalu sering, sayang juga kan? Uang tersebut bisa kita gunakan untuk keperluan lainnya.

hindari biaya yang tidak perlu

 

9. Selalu membandingkan sesuatu

Pastikan untuk selalu membandingkan harga barang yang hendak anda beli. Entah itu pakaian, barang elektronik, smartphone, bahkan tiket pesawat. Jangan takut terlihat pelit. Dan tidak ada alasan untuk malas. Manfaatkan teknologi internet untuk mencari tahu harga barang tersebut di tempat lain. Siapa tahu dapat harga yang lebih murah untuk barang dan kualitas yang sama?

selalu membandingkan sesuatu

 

10. Selalu merawat

Biasakan merawat sesuatu karena kebiasaan merawat itu bagus dan perlu. Jika barang yang kita punyai terawat, tentu tidak mudah rusak, dan anda tidak perlu untuk membeli lagi kan? Tapi tidak hanya barang yang perlu dirawat supaya awet, merawat diri sendiri juga penting lho. Sakit itu mahal, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

selalu merawat barang

 

11. Menahan diri

Keinginan dan nafsu bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Apalagi saat anda jalan-jalan ke mall. Melihat papan diskon besar dan display yang bagus, anda bisa saja tergoda untuk membelinya. Lebih baik menahan belanja yang tidak perlu daripada kelaparan di akhir bulan, kan?

menahan diri

 

12. Selalu pasang target

Memasang target dalam kehidupan itu perlu. Meskipun ada pepatah mengatakan “Let it flow”, prinsip ini tidak salah. Akan tetapi mempunyai target dalam kehidupan itu perlu dan penting. Misal saja, harus punya rumah menginjak usia 30 tahun. Atau mempunyai usaha sendiri saat usia 35 tahun. Dan lain sebagainya. Tapi jangan hanya memasang target kosong, berusahalah memenuhi target anda dengan memegang teguh target tersebut.

selalu pasang target

 

13. Mengevaluasi diri

Evaluasi diri sendiri. Jangan menunggu akhir tahun untuk membuat evaluasi. Melakukan evaluasi diri atas kesalahan dan hal-hal lain yang sudah dilakukan adalah kebiasaan yang bagus untuk dilakukan. Dengan melakukan evaluasi, kita belajar untuk tidak jatuh di lobang yang sama.

selalu mengevaluasi diri

 

14. Antisipasi

Kita juga perlu mengantisipasi kejadian yang belum terjadi. Siapkan dana cadangan untuk mengantisipasi kejadian di luar dugaan, misalnya sakit, kecelakaan dan lain sebagainya.

antisipasi

 

15. Berpikir panjang

Berpikir panjang dan ke masa depan. Anda tidak hanya hidup pada hari ini. Siapkan masa depan anda sejak dini dan matang. Anda bisa melakukan investasi sebagian dana yang anda miliki untuk masa depan. Dengan berinvestasi, anda telah menyiapkan masa depan anda.

berpikir panjang

 

Nah, demikianlah 15 kebiasaan baik dalam mengatur keuangan pribadi. Buat anda yang bingung bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil, tips-tips di atas dapat anda terapkan. Dengan mengetahui cara manajemen uang yang baik, anda akan selamat dari “bencana finansial” dalam kehidupan anda.

Bukan hanya untuk karyawan saja. Tips-tips di atas juga bisa anda terapkan untuk cara mengatur keuangan pribadi mahasiswa yang hanya mengandalkan uang kiriman.

Kira-kira apakah anda sudah menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut di atas? Jika belum, yuk mulai sekarang. Tidak ada kata terlambat, kok…

Pin It on Pinterest

Share This