50+ Cara Mengisi Liburan Anak Dengan Biaya Murah

Mengisi waktu liburan tidak harus mahal – Ya, saat liburan adalah saat yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Apalagi jika libur panjang sekolah. Mereka tidak harus bangun pagi-pagi untuk persiapan berangkat sekolah. Mereka selalu menantikan saat-saat liburan.

Sebagai orang tua, kita tahu apa artinya… Mereka akan berada di rumah sepanjang hari. Anda tentu tidak ingin liburan mereka terlewat begitu saja bukan? Anda juga tidak ingin anak anda sepanjang hari menonton TV atau main game di rumah bukan? Lalu bagaimana agar mereka punya aktifitas menyenangkan bersama anda sebagai orang tua dengan biaya / budget yang murah?

Bagaimana Mengisi Waktu Liburan Anak?

Anda tetap bisa melakukan aktifitas menyenangkan bersama anak-anak dengan biaya yang murah agar mereka tidak merasa bosan di rumah. Tidak hanya aktifitas di luar rumah, anda bahkan dapat melakukan aktifitas menyenangkan bersama anak-anak di dalam rumah. Liburan tidak harus ke luar kota atau ke luar negeri. Namun liburan di rumah tidak berarti hanya berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa bukan?

Anda dapat memanfaatkan liburan sebagai salah satu pendekatan untuk stimulasi perkembangan anak-anak anda untuk melakukan hal-hal yang baru. Dengan demikian, anak-anak anda akan merasa nyaman, gembira dan menambah pengalaman yang dapat mencerdaskan emosional dan intelektual mereka. Sehat secara fisik maupun mental mereka.

Dengan mengajak anak anak-anak mengisi liburan sekolah melalui aktifitas yang seru, berarti orang tua juga telah memberikan manfaat yang baik untuk diri mereka. Karena dengan aktifitas liburan yang menyenangkan, anak menjadi bahagia dan bisa menyegarkan pikiran dari kejenuhan yang mereka dapatkan saat sekolah. Demikian papar psikolog anak dari Universitas Indonesia, Gisella Tani Pertiwi SPsi.

Apa Saja Kegiatan Untuk Mengisi Waktu Liburan Yang Menyenangkan Dan Murah?

Pada kali ini kami akan berikan daftar 50 ide seru kegiatan-kegiatan yang dapat anda lakukan bersama anak-anak dalam mengisi waktu liburan sekolah.

jogging bersama keluarga

1. Maksimalkan Pagi Hari

Ajak anak-anak anda untuk bangun lebih awal di pagi hari. Waktu liburan bukan berarti bermalas-malasan bangun siang hari bukan? Ajak anak anda jogging atau jalan sehat di sekitar kompleks rumah kita. Menikmati sejuknya udara pagi hari dan bertemu beberapa tetangga. Disamping aktifitas olah raga yang menyenangkan, hal baik yang didapatkan oleh anak anda adalah bagaimana kita bersosialisasi dengan orang di sekitar kita.

 

nonton film bersama keluarga

2. Marathon Film

Siapkan beberapa judul film yang akan kita tonton bersama dengan anak-anak. Sewa beberapa DVD atau streaming film di internet bisa jadi solusi murah untuk menonton film bersama anak. Pilih genre film yang sesuai dengan usia mereka. Tidak harus kartun, yang penting rating film sesuai dengan usia mereka, dan anda juga dapat menikmatinya. Jangan lupa siapkan juga minuman dan makanan ringan untuk menemani anda dan anak menonton film. Bisa popcorn, aneka gorengan dan makanan kecil lainnya.

Menonton film beramai-ramai bersama anak, ayah dan ibu pasti lebih seru. Hiburan murah, tanpa harus keluar rumah!

 

membuat scrapbook

3. Membuat Scrapbook

Kumpulkan foto-foto lama bersama keluarga yang selama ini hanya tersimpan di dalam album foto. Siapkan kertas dan berbagai ornamen-ornamen untuk penghias dan mulailah membuat scrapbook. Biarkan anak anda berkreasi sesuai dengan imajinasi mereka sambil anda dampingi. Tempatkan beberapa foto lama keluarga anda ke dalam scrapbook dan berkreasilah!

 

berkeliling kota

4. Berkeliling Kota

Jika anda tinggal di kota besar misalnya jakarta, liburan adalah saat di mana jalanan ibukota akan terasa sepi dan lengang. Berbeda dengan hari kerja yang dipadati oleh kendaraan dan macet di mana-mana. Nah, situasi seperti ini dapat anda manfaatkan untuk berkeliling kota. Anda tidak harus membawa mobil sendiri. Manfaatkan sarana transportasi umum yang ada seperti tansjakarta ataupun bis wisata. Kunjungi beberapa tempat rekreasi seperti Monas, Kota Tua, atau sekedar window shopping di mal dan mencoba restoran baru yang belum pernah anda kunjungi.

 

menata ulang rumah

5. Menata Ulang Rumah

Waktu liburan bisa anda manfaatkan untuk menata kembali rumah anda agar tidak bosan. Libatkan anak untuk berpartisipasi merapikan atau menata ulang rumah anda, misalnya tata letak perabotan, atau mengganti warna tembok rumah anda. Anda bisa mencari inspirasi tata ruang rumah yang banyak tersebar di internet yang menyajikan dekorasi-dekorasi rumah yang unik dan kreatif.

 

berkebun bersama keluarga

6. Berkebun Bersama

Anda mempunyai halaman yang masih kosong di halaman rumah anda? Anda bisa manfaatkan waktu liburan bersama anak untuk berkebun bersama. Bermain kotor-kotoran selalu menyenangkan bagi anak. Siapkan bibit atau tanaman hias yang dapat anda beli di toko bunga di dekat rumah anda. Jika anda tidak ingin menanamnya langsung di tanah, anda juga dapat membeli pot tanaman. Siapkan juga pupuk dan peralatan berkebun lainnya. Tunjukkan pada mereka bagaimana menanam dan merawat tanaman. Kegiatan berkebun bersama ini dapat mengenalkan kepada anak anda bagaimana mencintai alam. Disamping itu kegiatan ini mengasah motorik kasar, mengenalkan kepada anak anda tentang sebab dan akibat.

 

merawat hewan peliharaan

7. Merawat hewan peliharaan

Jika anda memelihara hewan peliharaan, di waktu liburan ini ajaklah anak anda terlibat dalam perawatannya. Jika selama ini mereka hanya membelai anjing atau kucing kesayangan keluarga anda, pas liburan ini ajaklah mereka unutk merawatnya. Mereka akan lebih menyayangi hewan peliharaan dan mengajarkan kepada mereka tentang tanggung jawab dan bagaimana mencintai mahluk hidup.

 

membuat buku cerita sendiri

8. Membuat buku cerita Sendiri

Asah kemampuan anak untuk menuangkan ide dan kreatifitasnya dalam menulis. Membuat buku cerita sendiri tentu adalah hal yang menyenangkan dan sekaligus mengedukasi mereka. Siapkan agenda atau beberapa lembar kertas. Lalu ajak anak anda untuk menulis cerita tentang berbagai hal yang mereka sukai. Tidak harus tulisan, gambar atau benda unik lainnya yang bisa ditempel juga tidak masalah. Tentunya dengan ide orisinil si kecil. Anda tidak perlu terlibat terlalu jauh. Sesekali stimulasi ide-ide mereka saja.

 

mengecat dinding bersama

9. Mengecat Dinding Bersama

Seperti kami singgung pada poin 5 di atas, mengecat ulang dinding rumah juga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Lakukan secara bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga. Biarkan mereka memilih sendiri warna kesukaan mereka untuk dinding kamar masing-masing. Tapi jangan lupa untuk menggunakan masker untuk keamanan ya… khususnya buat si kecil.

 

memasak bersama keluarga

10. Memasak Bersama

Kegiatan lainnya untuk mengisi waktu liburan anak adalah dengan memasak bersama. Ya, ajak si kecil untuk menyiapkan bahan masakan hingga memotong bahan tersebut. Jangan lupa awasi terutama saat si kecil memotong, jangan sampai tangannya terkena sayatan pisau ya. Kegiatan memasak ini disamping dapat menghabiskan waktu liburan, juga dapat menghemat karena memasak sendiri. Selain itu anak anda jadi lebih mengenal makanan sehari-hari dan belajar memasak.

 

berkemah bersama keluarga di halaman

11. Berkemah di halaman

Berkemah bersama di halaman rumah bisa jadi alternatif untuk mengisi waktu liburan sekolah. Biar lebih seru lagi, ajak tetangga atau saudara yang seusia dengan anak kita. Ajak mereka dari mulai mendirikan tenda, memasang alas (tikar), sampai menyiapkan makanan di luar. Aktifitas berkemah ini akan mengajarkan kepada mereka untuk lebih mengenal lingkungan sekitar dan melatih mereka untuk bekerja sama. Berkemah juga mengajarkan mereka untuk menghadapi dan memecahkan masalah.

 

mencari harta karun

12. Mencari Harta Karun

Berikan tantangan kepada anak-anak untuk mengumpulkan puzle atau benda dari daftar barang yang telah disepakati bersama. Dengan petunjuk yang telah diberikan sedemikian rupa. Tempatkan beberapa barang di tempat yang tersembunyi dan tantang mereka untuk menemukannya dengan mendapatkan hadiah. Barang yang digunakan bisa beragam. Bisa bumbu dapur atau pun barang lainnya. Dengan demikian, anak anda belajar untuk mengenal barang-barang yang selama ini tidak mereka ketahui.

 

membaca buku dan mempraktekkannya

13. Membaca Buku Dan Mempraktekkannya

Membaca buku pilihan anak anda bersama dengan keluarga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan. Setelah membaca bersama, lalu diskusikan apa yang menjadi topik bacaan tersebut. Ayah, Ibu dan Anak-anak juga dapat memerankan sebuah adegan dalam cerita yang telah dibaca bersama-sama layaknya bermain sandiwara. Jangan lupa untuk merekam dengan ponsel atau handycam dan jadikan salah satu dokumentasi keluarga yang seru dan menyenangkan.

 

minum teh bersama

14. Minum Teh Bersama

Minum teh juga ide bagus untuk mengisi waktu liburan anda. Undang beberapa tetangga (bersama keluarganya) untuk minum teh bersama di rumah anda. Siapkan teh hangat, gula pasir dengan cangkir kecil-kecil, cake atau biskuit, gorengan atau makanan kecil lainnya untuk menemani minum teh bersama. Contohkan bagaimana cara menuangkan teh, mengaduk gula dalam teh, cara memegang cangkir dan menyeruput teh dengan sopan. Acara minum teh ini mengajarkan kepada anak-anak untuk menjadi tuan rumah yang baik, dan belajar etika minum atau makan bersama.

 

melukis kaos

15. Melukis Kaos

Berikan kepada anak masing-masing satu kaos milik mereka yang sudah tidak begitu terpakai, dan spidol warna-warni. Anda bisa juga mengganti spidol dengan aneka warna cat sekaligus kuasnya. Kegiatan ini akan merangsang ide dan imajinasi anak, motorik halus dan estetika melalui kombinasi dan gradasi warna. Ajak mereka untuk menuangkan ide dan imajinasi mereka ke dalam sebuah lukisan di atas kaos sebagai media kanvas nya.

 

beramal atau donasi

16. Beramal / Donasi

Minta anak-anak untuk memilah dan memilih buku, mainan, dan baju mereka yang sudah jarang digunakan. Lalu ajak mereka untuk beramal dengan membagikan barang-barang mereka kepada yang kurang beruntung. Ajak anak anda untuk mengunjungi panti asuhan dan minta mereka untuk menyerahkan barang-barang yang sudah dipilah kepada pengurus panti asuhan atau yayasan. Dengan begini anda mengajarkan kepada anak anda untuk bersyukur, berbagi dan empati.

 

mengejar target atau goal

17. Mengejar Target / Goal

Apa yang selama ini anak anda inginkan / ingin lakukan dan mereka belum bisa? Naik sepeda, berenang, atau hal lainnya? Mari kita wujudkan hal tersebut di waktu liburannya.

 

car free day

18. Car Free Day

Ajak keluarga semua bersepeda atau sekedar jogging di jalan raya. Manfaatkan waktu car free day untuk beraktifitas di tengah kota, diantara gedung pencakar langit yang biasanya hanya dapat dilalui mobil di hari biasa.

 

pasar tradisional

19. Pasar Tradisional

Mengajak anak untuk pergi ke pasar tradisional akan menjadi pengalaman tersendiri bagi mereka. Aroma campur aduk antara ikan segar, makanan matang, sayuran dan buah-buahan akan memberi mereka sensasi penciuman yang bebeda dengan berbelanja di swalayan yang biasanya beraroma pengharum ruangan buatan. Selain mengenal uang dan bertransaksi, proses tawar menawar yang tidak mungkin anda lakukan di swalayan juga mengajarkan kepada mereka tentang bagaimana bernegosiasi. Anak juga akan mengenal aneka tekstur dengan memegang dan memilih bahan makanan seperti sayur mayur, buah-buahan dan ikan segar. Jadikan kesempatan ini untuk mengenalkan kepada mereka aneka jajanan pasar dan panganan tradisional seperti; gethuk, tiwil, cenil, ketan urab, dan makanan tradisional lainnya.

 

permainan tradisional

20. Permainan Tradisional

Pada masa kecil kita mungkin kita akan sangat familiar dengan namanya permainan tradisional. Baik permainan tradisional yang di lakukan secara team maupun individu. Masih ingat petak jongkok dan petak umpet? atau layangan dan kelerang? Anak anda mungkin tidak mengenal permainan-permainan tersebut saat ini. Ajak anak anda bersama teman-temannya untuk bermain permainan tradisional. Jelaskan kepada mereka aturan main sebelum memainkan permaninan tradisional tersebut.

 

pijat keluarga di semarang

21. Pijat bersama keluarga

Banyak aktifitas yang dilakukan beberapa hari liburan tentunya membuat anak anda lelah. Saatnya memberikan pijatan kepada mereka. Anda bisa memijatnya sendiri atau mengajak mereka ke terapis pijat profesional. Pijatan anda akan membuat mereka nyaman dan relaks sehingga mereka bisa tertidur lelap. Esok hari mereka siap kembali untuk beraktifitas lagi!

 

nonton bioskop bersama keluarga

22. Nonton Bioskop

Jika anda tidak mempunyai koleksi film di rumah, anda bisa mengajak seluruh keluarga untuk menonton film di bioskop. Pilih film yang cocok dan sesuai dengan usia anak. Menikmati film di bioskop dengan usara audio visual yang menggelegar akan menjadi pengalaman seru buat mereka. Jika di kota anda ada bioskop / tempat pemutaran film 6D atau 8D tentunya akan lebih seru lagi. Karena mereka tidak hanya bisa melihat dan mendengar. Melainkan juga merasakan layaknya mengalami sendiri. Mereka juga dapat menikmati goyangan, guncangan, percikan air dan hembusan angin saat menonton fil 8D tersebut.

 

mengunjungi museum

23. Mengunjungi Museum

Mengunjungi museum untuk mengisi waktu liburan sekolah anak adalah salah satu ide bagus. Pilihlah musem yang dapat membuat anak lebih tertarik. Misalnya; museum uang, museum transportasi, museum batik, atau museum lainnya. Dengan mengunjungi museum akan menambah wawasan dan pengetahuan anak anda.

 

mengunjungi shelter hewan

24. Mengunjungi Shelter Hewan

Saat ini sudah terdapat beberapa tempat penampungan hewan terlantar yang dapat dikunjungi. Ajak anak anda untuk bermain dan berbagi di tempat penampungan hewan terlantar tersebut. Dengan demikian anak akan mengenal jenis-jenis hewan piaraan dan mengajarkan kepada anak untuk berbagi dengan mahluk lain. Siapa tahu anak anda tertarik pada salah satu hewan dan ingin mengadopsi hewan tersebut.

 

mainan dari tanah liat

25. Mainan dari tanah liat

Seperti kita ketahui bersama bahwa anak mempunyai imajinasi yang tinggi. Ajaklah anak anda untuk bermain dengan membuat aneka bentuk benda-benda unik. Biarkan mereka berkreasi dan berkarya menurut imajinasi mereka. Jangan khawatirkan anak menjadi kotor, karena dengan demikian akan merangsang daya kreasi dan sistem motorik kasar anak. Jangan lupa minta mereka untuk mencuci tangan dan mandi dengan bersih setelah selesai bermain.

 

mengunjungi saudara jauh

26. Mengunjungi Saudara Jauh

Ajak seluruh anggota keluarga untuk mengunjungi sanak famili atau saudara jauh. Disamping untuk menjalin silaturahmi dengan saudara yang sudah lama tidak anda kunjungi dan lama tak berusa, anak pun akan belajar bersosialisasi dan mengenal orang baru dalam kehidupannya.

 

prakarya dari barang bekas

27. Prakarya dari barang bekas

Ada gulungan tisu, botol, kardus, styrofoam, ataupun kaleng yang tidak terpakai di rumah? Mari kita buat sendiri mainan untuk anak kita dan manfaatkan barang-barang bekas di rumah. Cari banyak ide yang bisa anda cari di internet seperti Youtube atau google untuk membuat mainan dari barang bekas.

 

belajar fotografi

28. Belajar Fotografi

Ajari anak layaknya seorang fotografer profesional. Ajak ke taman kota atau tempat rekreasi terdekat dengan pemandangan yang bagus. Lalu minta anak anda untuk memotret apa saja yang menurut mereka menarik. Anda juga bisa meminta memfoto anda sebagai modelnya.

 

main bowling bersama keluarga

29. Main bowling

Ajak seluruh keluarga untuk bersenang-senang ke tempat bowling. Seru sekaligus olah raga dan memberi pelajaran kepada anak anda. Jarang-jarang kan ada waktu untuk berkumpul bersama seharian? Manfaatkan waktu liburan untuk ke tempat bowling bersama keluarga!

 

menonton pertunjukan seni

30. Pertunjukan Seni

Di era modern seperti ini, tempat pertunjukan seni (khususnya seni tradisional) jarang dikunjungi, apalagi oleh anak muda. Ajak keluarga dan anak-anak untuk berkunjung ke tempat pertunjukan seni, misalnya pertunjukan wayang, boneka potehi, atau opera. Selain membuat familiy time lebih berbeda, anak akan mendapat pelajaran tentang kesenian tradisional.

 

open house

31. Open House

Siapkan kegiatan bersama saudara atau teman-teman yang pada saat liburan tidak ke mana-mana. Undang mereka untuk berkunjung ke rumah dan melakukan kegiatan bersama seperti memasak, garden party, atau kegiatan lainnya. Bahkan kegiatan ini bisa diagendakan rutin lho. Misal tiap minggu terakhir dalam satu bulan atau waktu lainnya.

 

belajar mendongeng

32. Belajar Mendongeng

Mendongeng secara gantian di rumah akan sanat bermanfaat, khususnya terhadap anak. Disamping melatih motorik pada otak, mendongeng juga dapat meningkatkan memori anak. Mengenal karakter-karakter tokoh dan lain sebagainya. Selain itu dapat menciptakan kehangatan dalam rumah tangga, bukan?

 

piknik bersama keluarga

33. Piknik Bersama

Piknik bisa jadi adalah kegiatan yang paling favorit yang dapat dilakukan bersama dengan keluarga. Siapkan makanan dari rumah untuk dimakan bersama di tempat terbuka di tempat yang dituju. Bisa taman, gunung, atau pantai juga bisa. Pasti akan dangat menyenangkan bukan?

 

outbond bersama keluarga

34. Outbond bersama keluarga

Pergi outbond bersama keluarga juga patut dilakukan untuk mengisi waktu libur. Di tempat-tempat wisata biasanya menyediakan paket outbond yang dapat anda pesan sesuai paket. Serunya memanjat pohon, atau merangkak dibawah jaring, Flying Fox dan permainan-permainan lain, akan menumbuhkan rasa saling percaya dan kerjasama dalam keluarga.

 

mencuci mobil bersama keluarga

35. Mencuci Mobil Bersama

Jika anda biasanya mencuci mobil di tempat cucian mobil langganan, ada baiknya pada saat liburan ini anda ajak anak dan suami untuk mencuci mobil bersama. Mencuci mobil bersama dengan cipratan air dan semprotan sambil bercanda ceria bersama keluarga akan menambah kehangatan dan kedekatan masing-masing anggota keluarga. Tidak perlu harus cepat selesai. Nikmati saja waktu bergurau dan bercanda bersama keluarga sambil mainan air semprotan dan busa. Tapi harus hati-hati juga ya, jangan sampai busa sabun kena mata. Dan setelahnya bisa anda siapkan minuman penghangat badan dari bahan rempah seperti jahe untuk menghindari masuk angin.

 

pergi mengunjungi perpustakaan

36. Pergi Mengunjungi Perpustakaan

Di perpustakaan ada banyak bacaan yang menarik tersedia di sana. Supaya waktu liburan bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan, ajak keluarga peri ke perpustakaan untuk membaca bersama. Bacaan tidak harus berat, yang penting bisa menambah wawasan dan bisa dilakukan bersama di perpustakaan.

 

membuat es loli

37. Membuat es loli

Saat cuaca panas, memang paling enak menyantap yang dingin-dingin. Daripada anak jajan sembarangan, membuat es loli bersama tentu menyenangkan, lebih sehat dan lebih murah. Buat es loli dari bahan-bahan yang mudah didapat. Misalnya jus buah atau bahan lainnya.

 

bernyanyi dan menari bersama

38. Bernyanyi dan Menari bersama

Anda mahir memainkan alat musik? Jangan disia-siakan. Sebab anda bisa mengajari anak anda dan bernyanyi bersama keluarga sambil menari. Jika mau lebih mudah, putar DVD karaoke lalu bernyanyi bersama sambil menari. Jangan lupa dokumentasikan ke dalam sebuah video. Anda bisa bergantian untuk mengambil video baik menggunakan smartphone maupun handycam.

 

bermain dalam gelap

39. Bermain dalam gelap

Matikan semua lampu, dan bermain bersama menggunakan senter. Anda dapat membuat pertunjukan berupa bayangan tangan yang membentuk menjadi beraneka hewan, benda atau yang lainnya. Atau dengan kertas yang dilubangi dan membuat rasi bintang dengan cahaya senter.

 

berenang bersama keluarga

40. Berenang bersama keluarga

Anda bisa pergi ke water park terdekat, atau berenang di rumah, jika rumah anda dilengkapi dengan kolam renang. Bermain dengan air akan selalu menyenangkan bukan?

 

mengikuti holiday program

41. Mengikuti holiday program

Tidak sempat menggali minat saat masih hari sekolah? Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh komunitas saat liburan bisa menjadi alternatif pilihan yang menarik untuk anak anda. Dengan mengikuti kegiatan komunitas tersebut dapat membuka pikiran anak tentang berbagai bakat. Mereka dapat berinteraksi dengan teman usia sebaya dengan kegemaran yang sama.

 

bekerja atau magang

42. Bekerja

Waktu liburan bisa menjadi kesempatan untuk anak mengenal profesi yang terkait dengan bidang bakat yang ditekuni. “Magang” bisa menjadi salah satu alternatif pilihan kegiatan anak saat liburan untuk mulai mengenal bakatnya. Atau mengenal profesi-profesi lain yang mungkin akan menginspirasinya. Tidak usah yang muluk-muluk, Anda bisa menghubungi saudara atau kerabat, teman atau bahkan tetangga yang mau memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar dengan ikut “bekerja” di tempat mereka. Misalnya jika ada teman yang mempunyai warung makan, ijinkan kepada anak anda untuk membantu bekerja misal membantu mengambilkan sesuatu, mencuci piring, atau lainnya. Mungkin ide ini terdengar agak gila, tapi dengan demikian kita mengajari anak untuk menghargai uang, bekerja keras dan semangat pantang menyerah.

 

makan malam di halaman

43. Makan malam di halaman

Jika anda mempunyai halaman atau taman di rumah, manfaatkan waktu liburan untuk makan malam bersama di halaman tersebut. Sediakan meja kecil untuk makan malam. Anda bisa menggunakan lilin, atau lampu emergency untuk penerangannya. Mintalah anak-anak untuk membantu menyiapkannya supaya mereka ada kegiatan saat sore harinya.

 

bermain game bersama keluarga

44. Bermain game bersama

Bermain game dengan keluarga juga bisa menjadi hal yang seru saat liburan. Game tidak harus melulu video game, game komputer atau konsol. Anda dapat membeli board game di toko mainan terdekat. Bermain board game dapat mengasah kecerdasan dan kreatifitas anak. Atau anda juga bisa membeli game monopoli dan bermain monopoli bersama keluarga. Tentu akan seru dan menyenangkan bermain game bersama keluarga.

 

observasi lingkungan bersama

45. Observasi lingkungan sekitar

Berkeliling kompleks rumah dan mencari serangga atau hewan kecil lainnya, daun-daunan atau bunga. Kemudian bersama menelitinya dengan bantuan buku atau searching di google. Selain itu, mereka juga dapat belajar bersosialisasi dengan tetangga terdekat.

 

belajar sains sederhana

46. Belajar sains sederhana

Banyak kok ilmu sains di sekitar kita. Pemanfaatan minuman bersoda untuk membuat pesawat jet, membuat gunung meletus dengan menggunakan cuka dan baking soda. Atau membuat lava lamp. Anda dapat mencari referensi di video Youtube, banyak kok di sana.

 

saling memberi hadiah

47. Saling memberi hadiah

Ajak anak anda untuk bertukar hadiah dengan anda atau dengan saudaranya. Ajak mereka untuk ke supermarket bersama lalu biarkan mereka untuk memilih dan membungkusnya sendiri hadiahnya. Ceritanya saling memberi kejutan.

 

berbagi kue dengan tetangga

48. Berbagi kue dengan tetangga

Memasak kue bersama, atau masakan lain dan bagikan sebagian dengan tetangga atau orang sekitar. Satpam, tukang sapu kompleks, tukang sampah, atau tukang becak yang mangkal di dekat rumah bisa menjadi pilihan. Ajak mereka membungkusnya dengan rapi dan berkeliling membagikan kue atau masakan tersebut. Tentu akan menyenangkan dan mengharukan saat melihat anak anda memberikan kepada mereka.

 

membagikan makanan untuk hewan

49. Berkeliling membagikan makanan untuk hewan

Kegiatan sosial lainnya yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu liburan adalah dengan mengajak anak untuk memberikan makanan untuk hewan yang berkeliaran di sekitar. Anda bisa membeli ikan, daging atau makanan kering lainnya untuk kucing atau anjing yang berkeliaran di sekitar rumah. Atau anda bisa membeli makanan burung lalu berkreasi dengan botol bekas untuk membuat tempat makanan burung. Taruh di halaman dan biarkan burung liar yang ada di sekitar rumah untuk memakannya.

 

belajar berhitung dan mengenal warna di alam

50. Belajar mengenal warna dan berhitung di alam

Dedaunan, ranting pohon, bunga, hewan, bebatuan, tanah dan benda lain disekitar kita bisa dimanfaatkan untuk belajar, lho…

 

Itulah 50 cara mengisi waktu liburan anak dengan biaya murah yang dapat anda lakukan dengan keluarga. Mudah-mudahan bermanfaat.

Saya menghabiskan lebih dari 5 jam untuk membuat tulisan ini, dan tidak sampai 5 menit bagi anda untuk membagikannya di social media. Bantu sebarkan tulisan ini. Siapa tahu teman atau tetangga anda juga tertarik untuk melakukannya bersama dengan keluarga anda. Bukankah berbagi itu indah?

Pin It on Pinterest

Share This