Tidak Dapat THR Tahun Ini? Inilah Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Modal

Cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk THR. Salah satu yang paling ditunggu-tunggu saat menjelang hari raya Idul Fitri adalah THR. Ya, tunjangan hari raya selalu diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dan pegawainya. Bagi mereka yang mempunyai banyak kebutuhan selama bulan Ramadhan, datangnya THR bisa menjadi ‘angin segar’ menjelang hari raya.

Namun sayang, tidak semua para pekerja mendapatkan THR. Ada beberapa profesi yang tidak mendapat THR tiap tahun, antara lain pekerja freelance, usaha kecil, petani dan beberapa profesi lainnya.

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Modal

Bagi anda yang tidak mendapatkan THR tahun ini tidak usah khawatir. Ramadhan adalah bulan berkah untuk semua umat manusia. THR masih dapat dicari dengan beberapa cara alternatif.

Berikut ini kami sajikan beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk THR anda tahun ini. Berikut ulasannya:

1. Mengikuti lomba dan kuis saat Ramadhan

Biasanya berbagai macam lomba diadakan saat bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran, yang diadakan oleh beberapa lembaga tertentu. Biasanya lomba yang diselenggarakan pada saat bulan Ramadhan adalah, lomba MTQ, lomba pidato, lomba menggambar, atau lomba fotografi.

Anda dapat mengikuti salah satu atau beberapa lomba tersebut jika memang mempunyai keahlian yang sesuai dengan kriteria lomba di atas. Tentu saja masih banyak jenis lomba yang diadakan saat bulan Ramadhan.

Mengikuti lomba dan kuis saat Ramadhan

Anda bisa mencari informasi lomba apa saja yang diadakan tahun ini melalui mesin pencari Google, dengan mengetikkan kata kunci “lomba ramadhan 2017” atau “kuis Ramadhan 2017”. Siapa tahu ada informasi lomba dan kuis yang bisa anda ikuti dengan hadiah yang menarik.

Selain itu, banyak sekali kuis-kuis yang diadakan oleh stasiun TV khususnya saat waktu sahur. Dengan bertebarannya program sahur di beberapa stasiun televisi, mereka seakan-akan menjaring dan memanjakan pemirsa dengan banyak kuis. Hadiahnya cukup lumayan lho. Siapa tahu anda beruntung?

2. Bekerja menjadi supir dadakan

Di saat berakhirnya bulan Ramadhan dan menjelang lebaran, semua orang sudah mulai mempersiapkan untuk pulang mudik ke kampung halamannya masing-masing. Selain itu ada juga yang bersiap-siap untuk berlibur.

Bekerja menjadi supir dadakan

Hal ini bisa menjadi peluang yang bagus bagi orang yang ahli dalam mengemudikan mobil. Tawarkan jasa menjadi supir ke tempat tujuan yang pelanggan inginkan. Pastikan anda sudah berpengalaman mengemudi antar kota dan jangan lupa untuk melakukan perjanjian terlebih dahulu dengan calon pelanggan mengenai segala hal yang menyangkut pekerjaan ini.

3. Usaha menjaga rumah

Usaha lainnya yang bisa mendatangkan bayaran adalah jasa menjaga rumah. Saat lebaran tiba, sebagian orang akan mudik ke kampung halamannya dan meninggalkan rumah mereka. Kebanyakan dari mereka akan merasa khawatir dan was-was saat meninggalkan rumah mereka dalam keadaan kosong dan dalam waktu yang cukup lama.

Usaha menjaga rumah

Anda bisa menawarkan jasa menjaga rumah mereka selama mereka mudik pulang kampung. Anda harus memperlihatkan kejujuran dan kepercayaan yang tinggi saat diberi tugas menjaga rumah mereka. Berikan penawaran termasuk fee yang akan anda dapatkan atas jasa menjaga rumah tersebut selama ditinggal mudik.

4. Jadi perantara pengantar barang

Menjelang Ramadhan dan lebaran, penjualan produk-produk khususnya busana muslim akan mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Sebagian besar orang akan membutuhkan produk tersebut untuk merayakan hari raya.

perantara pengantar barang

Para penjual biasanya menjual baju muslim tersebut baik secara langsung di toko mereka atau menjualnya secara online. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk menawarkan jasa perantara pengantar barang-barang pesanan pembeli tersebut.

Anda bisa mendapatkan fee dari jasa perantara pengantaran barang yang dibeli dari toko tersebut. Untuk hal ini, anda juga perlu memperlihatkan bahwa anda adalah orang yang jujur dan dapat dipercaya.

5. Membuat kue

Untuk usaha yang satu ini memang bukan tanpa modal sama sekali. Anda membutuhkan modal untuk membeli bahan-bahan yanng dibutuhkan untuk membuat kue lebaran. Anda juga bisa menekan modal yang diperlukan dengan cara patungan dengan teman atau saudara untuk bersama menjual kue tersebut.

Membuat kue lebaran

Menjelang lebaran, kue-kue akan banyak diminati untuk cemilan saat lebarang bersama dengan keluarga. Selain itu, kue juga banyak dicari untuk parcel dan oleh-oleh untuk saudara dan sanak famili.

6. Jasa mengecat rumah

Menjelang hari raya, ada tradisi memperbaiki tampilan rumah dan mengecatnya agar nampak lebih baru. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menawarkan jasa pengecatan rumah.

jasa mengecat rumah

Tawarkan jenis cat rumah terbaik dengan harga pasaran yang sebenarnya. Dengan demikian, orang akan percaya dan membayar anda sesuai dengan kerja keras dan hasil dari pekerjaan anda.

 

Demikianlah beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk THR anda. Masih banyak pekerjaan-pekerjaan lain yang bisa anda lakukan dan tawarkan. Cobalah lebih kreatif dalam mencari penghasilan tambahan di sekitar anda.

Anda tidak hanya mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal dengan mendapatkan fee dari pekerjaan anda. Anda juga membantu permasalahan orang lain saat Ramadhan dan menjelang lebaran. Dan anda mendapatkan nilah plus dengan membantu meringankan pekerjaan orang lain.

Jika artikel ini berguna bagi anda, silakan bagikan kepada teman anda di media sosial, agar mereka mendapatkan ide bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk THR lebaran mereka. Bukankah berbai itu indah?

Pin It on Pinterest

Share This