8 Cara Mengelola Gaji Agar Bisa Menabung

Cara mengelola gaji agar bisa menabung – Mempunyai banyak uang di tabungan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan, serta mempunyai investasi menjanjikan di masa tua tentunya adalah harapan setiap orang. Namun bagaimana hal tersebut akan terjadi jika gaji yang kita terima tidak bisa bertahan sampai akhir bulan? Bahkan tidak sedikit orang yang merasa kehabisan uang terus menerus sebelum gaji berikutnya diterima.

Tahukah anda bahwa tanpa disadari salah satu penyebab dari hal itu adalah ketidak-mampuan dalam menjaga dan menahan keinginan untuk belanja. Hal ini lah yang membuat kita pada akhirnya mengeluarkan biaya untuk sesuatu yang sebenarnya tidak begitu penting dan kita butuhkan.

Belanja atas dasar keinginan dan nafsu bukan karena kebutuhan, bisa membuat kita berada dalam kesulitan finansial setiap bulannya dan tidak mempunyai tabungan untuk dana cadangan di masa yang akan datang. Ubahlah kebiasaan tersebut dengan cara mengubah sikap kita terhadap uang kita, dan mulai hidup berhemat.

Cara Mengelola Gaji Bulanan Agar Bisa Menabung

Banyak orang yang menganggap bahwa hidup hemat itu sama saja dengan pelit, irit bahkan dibilang tidak menikmati hidup. Ketahuilah dengan hidup berhemat dan mampu mengendalikan keuangan, membuat hidup lebih positif dan sehatnya kondisi keuangan.

Kebanyakan orang mencoba hidup berhemat dengan cara menekan pengeluaran, akan tetapi keinginann untuk membeli sesuatu selalu lebih besar. Kondisi seperti itu akhirnya membuat mereka harus meminjam uang kepada teman atau kerabat, mengambil peminjaman gaji (kasbon), bahkan mungkin menggunakan kartu kredit mereka untuk menutup kebutuhan sampai bulan berikutnya.

Banyak cara kok sebenarnya untuk mulai menata keuangan dan menjalankan pola hidup hemat. Dan berikut ini kami sajikan kepada anda beberapa cara mengelola gaji agar tercapai kondisi keuangan yang sehat.

1. Buat anggaran bulanan! Cari tahu mana keinginan dan mana kebutuhan

Ya, hal pertama yang harus anda lakukan dalam mengelola gaji adalah membuat anggaran bulanan. Memang bagus memikirkan bagaimana cara untuk mendapatkan penghasilan yang lebih. Akan tetapi, mulailah mengatur pengeluaran agar kondisi keuangan lebih seimbang. Anggaran bulanan yang kita buat inilah yang akan berperan penting dalam membantu kita merencanakan dalam mengatur pengeluaran.

Buatlah anggaran bulanan dengan mencatat semua kebutuhan bulanan anda. Baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sukunder. Misalnya mencatat biaya transportasi menuju ke tempat kerja selama sebulan, biaya makan sehari-hari, biaya make up, hingga kebutuhan jajan sekalipun. Selain kebutuhan pribadi, catat pula pengeluaran bulanan yang siftanya tagihan. Seperti, tagihan listrik, tagihan telepon dan internet, tagihan cicilan rumah atau cicilan kendaraan, hingga ke tagihan kartu kredit.

buat anggaran bulanan

 

2. Jangan biasakan berhutang. Dan bayarlah tagihan tepat waktu

Segera bayarkan tagihan bulanan yang sudah dimasukkan ke daftar anggaran bulanan tepat waktu. Perhatikan batas waktu pembayaran untuk masing-masing tagihan. Hal ini untuk menghindari denda dan anda tidak perlu membayar bunga dari tagihan tersebut. Dengan membayar tagihan tepat waktu, anda akan terhindar dari denda dan bunga. Itu berarti anda telah menghemat keuangan dan tidak mengganggu biaya untuk kebutuhan lainnya.

Jangan biasakan berhutang

 

3. Jika diperlukan, buat rekening berbeda untuk kebutuhan yang berbeda

Cara lain yang mungkin bisa dilakukan dalam mengelola gaji bulanan adalah mempunyai dua rekening tabungan. Rekening yang ke dua ini berfungsi untuk rekening alternatif yang bisa kita gunakan untuk menyimpan tabungan masa tua. Rekening pertama kita gunakan untuk keperluan dan kebutuhan kita sehari-hari. Sedangkan rekening kedua kita gunakan khusus untuk menabung. Sisihkan sebagian dari gaji bulanan yang kita terima setiap bulannya dengan presentase yang telah kita tentukan. Usahakan rutin setiap bulannya dan patuhi perencanaan yang kita buat tadi. Jika kita mendapatkan bonus gaji atau pendapatan lain selain gaji, masukkan ke rekening ke dua sebagai tabungan. Uang yang ada di rekening kedua (alternatif) ini hanya boleh digunakan saat kita ada keperluan yang mendesak yang sifatnya darurat.

Setelah kita menyetorkan atau transfer ke rekening kedua ini, lupakan bahwa kita mempunyai tabungan. Dengan cara ini akan membantu kita supaya terhindar dari keinginan untuk berbelanja atau membeli barang yang tidak kita butuhkan.

buat rekening berbeda

 

4. Mengelola keuangan dengan sistem amplop

Mengelola gaji bulanan dengan dengan sistem pos sangat baik untuk dilakukan. Pos pengeluaran dengan sistem amplop ini relatif mudah diterapkan. Kita hanya akan membutuhkan beberapa amplop lalu kita tandai atau tulis untuk keperluan apa saja amplop tersebut. Hal ini membuat kita hanya perlu menarik uang dengan satu kali penarikan dari ATM dalam jumlah yang cukup besar. Kemudian, pisahkan uang tersebut sesuai dengan jumlah yang ditentukan untuk berbagai jenis kebutuhan dan pembayaran.

Masukkan uang dalam amplop-amplop yang sudah ditandai. Dengan demikian, kita hanya tinggal mengambilnya jika kita membutuhkan. Sistem amplop ini terbilang cukup ampuh untuk membantu kita melakukan hidup hemat. Namun jangan lupa untuk tetap menyimpan amplop-amplop tersebut di tempat yang aman.

mengelola keuangan dengan sistem amplop

 

5. Lakukan investasi mumpung masih muda

Jika semua kebutuhan dan tabungan sudah terpenuhi, dan kita memiliki uang tambahan dari bonus yang kita peroleh, ada baiknya menggunakan uang tersebut untuk berinvestasi. Beranikan diri kita untuk melakukan investasi. Misalnya dengan mengikuti reksa dana, asuransi, properti atau berinvestasi dengan barang yang bernilai jual tinggi. Namun tetaplah untuk menjadi orang yang cerdas dalam memilih jenis investasi yang tepat. Carilah jenis invetasi yang tahan terhadap inflasi. Dengan demikian uang kita akan bertambah dikemudian hari.

lakukan investasi mumpung masih muda

 

6. Hentikan kebiasaan boros mulai sekarang

Seringkali keinginan untuk membeli tidak mudah untuk dilawan. akan tetapi hentikan kebiasaan boros anda mulai saat ini. Kita harus dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jika kita ingin membeli sesuatu yang sebenarnya belum atau bahkan tidak kita butuhkan, pikirkanlah kembali!

Kita harus mulai mengenal diri kita sendiri. Kebiasaan buruk apa saja yang membuat kita bisa mengeluarkan biaya yang lebih. Maka temukanlah cara untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut secara perlahan. Dan ganti dengan kebiasaan positif yang berguna untuk tabungan kita di masa tua. Misalnya berinvestasi atau dengan menanam saham.

hentikan kebiasaan boros

 

7. Buat perbandingan setiap berbelanja

Apakah anda pernah melihat barang dengan model dan fungsi yang sama, namun harganya berbeda jauh? Inilah saatnya anda harus menjadi pribadi yang cerdas dalam memilih sesuatu. Bandingkan terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu. Membeli barang sama dengan harga yang berbeda, kenapa tidak? Pandai memilih dan melakukan perbandingan tentu sangat membantu kita dalam menekan biaya pengeluaran. Anda bisa membandingkan dengan tempat atau toko lain yang menjual barang yang sama. Siapa tahu ditempat lain pas ada diskon atau potongan. Lumayan kan?

Jangan juga anda terpaku pada merk sebuah barang. Jika barang yang dibutuhkan masih memiliki fungsi sama dan kualitas yang tidak kalah bagus, tidak ada salahnya untuk membelinya meskipun bukan merk ternama. Tidak perlu merasa gengsi!

bandingkan saat belanja

 

8. Jangan tergoda gengsi dengan gaya hidup sok kaya

Gaya hidup dan gengsi masyarakat saat ini memang sangat tinggi. Janganlah kita ikut bersaing dengan gaya hidup yang akan membuat kita mengeluarkan biaya yang banyak. Terapkan gaya hidup sederhana. Biarpun sederhana yang penting sejahtera. Tidak usah bersaing dengan memaksakan diri untuk membeli barang-barang dengan harga yang diluar kemampuan kita. Persaingan gaya hidup hanya akan membuat kita menjadi lebih boros. Jadilah diri sendiri dan tidak usah meniru orang lain.

Kelola uang dengan baik. Belilah barang yang memang sedang kita butuhkan. Jangan mudah tergoda dengan iklan yang menawarkan diskon atau potongan harga, apalagi membuat kita menggunakan kartu kredit.

gaya hidup sok kaya

 

Demikian beberapa cara yang bisa anda coba untuk memulai hidup hemat. Dan membuat kita dapat bertahan hingga gaji bulan berikutnya tiba. Ingatlah bahwa seperti apa kondisi keunagan kita di masa tua nanti, dimulai dari bagaimana kita bersikap bijaksana dalam mengelola keuangan yang kita miliki sekarang.

Jika anda merasa tulisan ini berguna, silakan share atau bagikan agar teman-teman anda juga tercerahkan dengan tulisan ini 🙂

Incoming Search:
– cara mengatur gaji 1 5 juta
– cara mengatur gaji 2 juta
– cara mengelola gaji 3 juta
– cara mengatur gaji bulanan yang kecil
– cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga
– cara mengatur gaji mingguan
– cara membagi gaji bulanan
– manajemen gaji

Pin It on Pinterest

Share This